Saturday, March 23, 2013

Jenis Macam Mesin Industri

Perkembangan industri seiring dengan perkembangan teknologi, dulu sebelum dikenal mesin maka semua pekerjaan produksi dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Hampir semua jenis macam mesin telah ditemukan saat ini untuk keperluan produksi industri kecil, menengah dan besar. Mesin bukanlah saingan bagi tenaga kerja manusia, tapi mesin adalah alat yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga kerja berdasarkan pemahaman dan ilmu pengetahuan mereka terhadap mesin. Semua industri modern saat ini membutuhkan mesin untuk efisiensi dan kecepatan kerja, banyak desain dan rancangan mesin dipesan ke berbagai ahli hanya dengan tujuan ekonomis semata.

Beberapa jenis mesin yang saat ini banyak digunakan untuk idustri antara lain:
Mesin Plastik: adalah pembuat atau pengubah biji plastik menjadi benda kerja (perabot rumah tangga, souvenir, kantong plastik, komponen elektronik dan lainya)

Mesin Press: adalah pengubah bentuk benda, dari bentuk yang tebal menjadi tipis. Mesin ini dipakai pada industri garmen (proses pengeringan), insutri produksi benang, industri logam, industri sablon dan percetakan.

Mesin Sablon: meringankan kerja dalam membuat sablon dalam jumlah yang banyak, konsep mesin ini adalah mesin foto copy. Digunakan pada usaha sablon dan percetakan.

Mesin Cetak: sama dengan mesin photo copy, digunakan untuk memperbanyak cetakan identik dengan cepat. Digunakan pada industri percetakan.

Mesin Kopi: ada dua jenis mesin kopi yakni mesin pembuat minuman kopi dan mesin penggiling kopi. Sebenarnya sebelum kopi digiling menjadi bubuk juga ada mesin yang digunakan yakini mesin pengupas kulit buah kopi. Dan yang lainnya diantaranya:
Mesin Cnc
Mesin Cuci
Mesin Es
Mesin Kayu
Mesin Bubut
Mesin Industri
Mesin Penggiling
Mesin Laundry
Mesin Pengering
Mesin Pin
Mesin Pres
Mesin Printing
Mesin Uang
Mesin Jahit
Mesin Bakso
Mesin Digital
Mesin Hidrolik
Mesin Packing
Mesin Percetakan
Mesin Potong

Toko mesin di seluruh Indonesia saat ini rata-rata menjual mesin yang tersebut diatas buatan dari China, mungkin itu karena jarang sekali ditemukan harga mesin yang murah selain produksi China. Jual mesin juga menjadi sebuah peluang usaha bagi pebisnis yang minat di dunia perdagangan, dan umumnya mesin yang sering dijual-belikan adalah mesin pembuat (mesin produksi). Mesin pembuat merupakan produk terlaris setiap toko mesin, hal ini karen orang-orang yang membutuhkan mesin umumnya adalah dunia industri, jarang sekali kita ketahui rumah tangga membutuhkan mesin selain untuk keperluan mencuci atau mesin peringan kerja rumah tangga lainnya.

Di awal-awal blog ini akan dibahas pengertian danfungsi-fungsi dari mesin yang tersebut diatas berdasarkan pengertian secara literature dan pemahaman penulis. Setelah itu juga akan dituliskan beberapa halaman yang memuat tentang toko-toko mesin yang ada di semua kota di seluruh Indonesia dengan tujuan agar pembaca terbantu dalam membeli mesin produksi untuk usaha yang akan mereka jalankan. Blog ini membuka kesempatan bagi semua pemilik toko mesin mempromosikan toko mereka di blog ini, kami sangat senang bila ada tambahan informasi bagi pembaca terutama informasi yang sifatnya membantu dan menambah ilmu pengetahuan.

Bontang08

About Bontang08

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :